5 Tips untuk Membangun Identitas Merek (Brand) yang Kuat

Tips untuk Membangun Identitas Merek (Brand)"Tahu dirimu sendiri." Itu adalah pepatah lama, tapi satu lagi pemilik bisnis akan melakukannya dengan baik. Ada banyak kesalahan yang terkait dengan merek (Brand) yang dapat dilakukan oleh seorang pengusaha, seperti melakukan kampanye iklan secara berlebihan atau tidak transparan mengenai produk Anda, namun mungkin kesalahan terbesar yang dapat dilakukan seorang pengusaha adalah memiliki identitas merek yang kurang jelas. Namun, hal itu selalu terjadi.

Baca Juga : Peluang Usaha Terbaik Di Tahun 2018

Mengapa ini masalah besar? Pikirkan kapan Anda pergi ke wawancara kerja, Anda mungkin akan berpakaian dengan cara tertentu, menyoroti pengalaman utama atau bahkan memodulasi suara Anda agar berbeda daripada percakapan biasa. Intinya, Anda telah menciptakan sebuah kepribadian yang Anda harapkan akan menguntungkan bagi kemampuan kerja Anda. Dengan cara yang sama, merek ( Brand) Anda adalah persona perusahaan, dan itu akan menjadi kesan pertama pelanggan Anda.

5 Tips untuk Membangun Identitas Merek (Brand) yang Kuat

Dengan pemikiran tersebut, berikut adalah lima tips kedap udara untuk mengembangkan identitas merek yang kuat.

1. Anda menjual merek Anda, bukan produk.


Pemasaran produk-sentris mungkin telah menjadi hikmat sebelumnya, tapi sekarang, di era digital cepat kita, Anda memiliki waktu sekitar 20 detik untuk memberi kesan. Dan itu tidak cukup lama untuk keunggulan produk Anda untuk bersinar. Apa yang akan membuat prospek Anda cukup lama untuk masuk ke penjualan adalah kesan, atau persepsi, yang Anda kembangkan, yang pada dasarnya berarti merek Anda. Tidak masalah seberapa bagus produk Anda jika merek Anda tidak merangsang orang: Mereka hanya akan pergi ke tempat lain, dan dengan cepat.

2. Merek Anda harus mencerminkan siapa diri Anda sebenarnya.


Tentu, Anda harus berpikir panjang dan keras tentang apa yang ingin dilihat dan dialami pelanggan. Kunci itu Tapi itu juga kunci untuk memikirkan siapa Anda sebagai bisnis, dan membiarkannya menentukan merek dan pemasaran Anda.

Misalnya, jika Anda adalah perancang halaman web yang mengkhususkan diri pada desain sederhana dan modern, mengapa semua salinan Anda dalam font serif kuno? Tidakkah lebih masuk akal untuk barang-barang Anda berada dalam sesuatu yang lebih ramping seperti Helvetica? Ini tampak seperti keputusan kecil, namun masing-masing memberi tahu konsumen tentang siapa diri Anda dan apa yang Anda berikan. Ini menciptakan hubungan otentik dan menguntungkan antara bisnis Anda dan pelanggan Anda, dan membeli waktu yang sangat berharga untuk hubungan itu sebelum Anda mengeklik pesaing.

3. Anda hanya sebagus seni dan fotokopi Anda.


Penting untuk menekankan peran besar yang dimiliki seni dan salinan Anda dalam membentuk identitas merek Anda. Katakanlah orang pergi ke halaman arahan Anda dan menemukan peninggalan desain dari era Geocities, bersama dengan salinan yang mempromosikan bisnis Anda sebagai "mengkhususkan diri dalam aplikasi cross-platform solusi digital". Tidak hanya mereka tidak tahu apa yang Anda lakukan, mereka tidak akan peduli.

Laman landas Anda harus memiliki salinan deskriptif yang dapat dikaitkan dengan calon klien Anda, dengan desain yang mencerminkan praktik terbaik UX modern. Hal ini berlaku tidak peduli apa bisnis Anda dan seberapa besar Anda.

4. Tidak apa-apa untuk mengubah citra.


Anda mungkin telah membaca sejauh ini dan melihat beberapa kesalahan yang Anda buat dalam merek Anda sendiri. Jangan khawatir Tidak masalah untuk mengubah citra, terutama jika Anda merasa perlu mengubah persepsi perusahaan Anda di mata calon klien. Misalnya, Ford yang terhormat saat ini sedang menjalani proyek rebranding besar untuk bersaing dengan perusahaan jasa mobil modern seperti Uber and Lyft. Jika Anda mengubah citra dengan bijaksana, Anda tidak akan menakut-nakuti orang lain: sebaliknya, bisnis Anda akan tumbuh. Dan ini juga berlaku untuk perusahaan kecil: pada tahun 2013, sebuah perusahaan keamanan menengah yang disebut SafeMart mengevaluasi strategi mereknya dan muncul kembali sebagai LiveWatch. Mereka sejak memenangkan berbagai penghargaan industri dan hibah pemerintah.

5. Jangan menggunakan tipu muslihat.


Salah satu tips terakhir, yang merupakan peringatan ringan: jangan mengganti gimmicks untuk kerja keras dan refleksi. Jika identitas merek Anda tidak berada di tempat yang seharusnya, tidak ada banyak ebook, strategi webinar, atau SEO yang payah yang dapat menyimpannya.

Tentu saja, semua hal di atas bisa menjadi strategi yang berguna, tapi ini soal meletakkan hal pertama terlebih dahulu. Cari tahu siapa Anda, apa yang Anda tawarkan, dan apa yang orang butuhkan. Anda berhutang tidak hanya untuk klien Anda, tapi juga untuk diri Anda sendiri.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon