7 Unsur Utama Proses komunikasi

Komunikasi adalah proses dua arah dimana pesan dalam bentuk gagasan, pemikiran, perasaan, opini ditransmisikan antara dua orang atau lebih dengan maksud untuk menciptakan pemahaman bersama.

Cukup, tindakan menyampaikan informasi dan pemahaman yang diinginkan dari satu orang ke orang lain disebut sebagai komunikasi. Istilah komunikasi berasal dari kata Latin "Communis" yang berarti berbagi. Komunikasi yang efektif adalah ketika pesan yang disampaikan oleh pengirim dipahami oleh penerima dengan cara yang persis sama seperti yang dimaksudkan.
Proses Komunikasi
Proses Komunikasi

Proses komunikasi


Komunikasi adalah proses dinamis yang dimulai dengan konsep gagasan oleh pengirim yang kemudian mentransmisikan pesan melalui saluran ke penerima, yang pada gilirannya memberi umpan balik berupa pesan atau sinyal dalam jangka waktu yang diberikan. Dengan demikian, ada tujuh unsur utama proses komunikasi:

1. Pengirim

Pengirim atau komunikator adalah orang yang memulai percakapan dan telah mengkonseptualisasikan gagasan bahwa dia bermaksud menyampaikannya kepada orang lain.

2. Encoding

Pengirim memulai dengan proses pengkodean dimana dia menggunakan kata-kata tertentu atau metode non-verbal seperti simbol, tanda, isyarat tubuh, dll. Untuk menerjemahkan informasi ke dalam pesan. Pengetahuan pengirim, keterampilan, persepsi, latar belakang, kompetensi, dan lain-lain memiliki dampak yang besar terhadap keberhasilan pesan.

3. Pesan

Setelah pengkodean selesai, pengirim mendapatkan pesan yang ingin dia sampaikan. Pesannya bisa ditulis, lisan, simbolis atau non verbal seperti gerak tubuh, keheningan, desahan, suara, dll atau sinyal lain yang memicu respons receiver.

4. Saluran Komunikasi

Pengirim memilih media yang dengannya dia ingin menyampaikan pesannya kepada penerimanya. Harus dipilih dengan hati-hati agar pesan efektif dan ditafsirkan secara benar oleh penerimanya. Pilihan media tergantung pada hubungan interpersonal antara pengirim dan penerima dan juga pada urgensi pesan yang sedang dikirim. Oral, virtual, tertulis, suara, isyarat, dll adalah beberapa media komunikasi yang umum digunakan.

5. Penerima

Penerima adalah orang yang pesannya ditujukan atau ditargetkan. Dia mencoba untuk memahaminya dengan cara sebaik mungkin sehingga tujuan komunikasi tercapai. Tingkat di mana penerima menerjemahkan pesan bergantung pada pengetahuannya tentang masalah, pengalaman, kepercayaan dan hubungan dengan pengirim.

6. Decoding

Di sini, penerima menafsirkan pesan pengirim dan mencoba memahaminya dengan cara terbaik. Komunikasi yang efektif hanya terjadi jika penerima memahami pesan dengan cara yang persis sama seperti yang dimaksudkan oleh pengirim.

7. Umpan Balik

Umpan Balik adalah langkah terakhir dari proses yang memastikan penerima menerima pesan dan menafsirkannya dengan benar seperti yang dimaksudkan oleh pengirim. Ini meningkatkan keefektifan komunikasi karena memungkinkan pengirim mengetahui khasiat pesannya. Respon receiver bisa bersifat verbal atau non verbal.
Catatan: Kebisingan menunjukkan hambatan komunikasi. Ada kemungkinan ketika pesan yang dikirim oleh pengirim tidak diterima oleh penerimanya.
Previous
This Is The Oldest Page

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon