Apa Itu Lingkungan Pemasaran Dan Uraian Rinci Faktornya

Lingkungan Pemasaran mencakup faktor Internal (karyawan, pelanggan, pemegang saham, pengecer & distributor, dll.) Dan faktor Eksternal (politik, hukum, sosial, teknologi, ekonomi) yang mengelilingi bisnis dan mempengaruhi operasi pemasarannya.

Beberapa faktor ini dapat dikontrol sementara beberapa tidak terkendali dan memerlukan operasi bisnis untuk berubah. Perusahaan harus menyadari lingkungan pemasarannya dimana perusahaan tersebut beroperasi untuk mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan faktor lingkungan terhadap aktivitas pemasaran perusahaan.
Lingkungan Pemasaran

Lingkungan pemasaran dapat diklasifikasikan secara luas menjadi tiga bagian:

1. Lingkungan Pemasaran Internal 


Lingkungan Pemasaran Internal mencakup semua faktor yang berada dalam organisasi dan mempengaruhi keseluruhan operasi bisnis. Faktor-faktor ini meliputi tenaga kerja, persediaan, kebijakan perusahaan, logistik, anggaran, aset modal, dan lain-lain yang merupakan bagian dari organisasi dan mempengaruhi keputusan pemasaran dan hubungannya dengan pelanggan. Faktor-faktor ini dapat dikendalikan oleh perusahaan.

2. Lingkungan Pemasaran Mikro


Lingkungan Pemasaran Mikro mencakup semua faktor yang terkait erat dengan operasi bisnis dan mempengaruhi fungsinya. Faktor lingkungan meliputi pelanggan, karyawan, pemasok, pengecer & distributor, pemegang saham, Pesaing, Pemerintah dan Masyarakat Umum. Faktor-faktor ini dapat dikendalikan sampai batas tertentu.


Faktor-faktor tersebut diuraikan lebih lanjut:

Pelanggan

Setiap bisnis berkisar memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan demikian, setiap strategi pemasaran berorientasi pelanggan yang berfokus pada pemahaman akan kebutuhan pelanggan dan menawarkan produk terbaik yang memenuhi kebutuhannya.

Karyawan

Karyawan adalah komponen utama bisnis yang berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilannya. Kualitas karyawan tergantung pada sesi pelatihan dan motivasi yang diberikan kepada mereka. Dengan demikian, Pelatihan & Pengembangan sangat penting untuk memberikan keterampilan pemasaran kepada individu.

Pemasok

Pemasok adalah orang-orang darimana bahan dibeli untuk menghasilkan barang jadi dan karenanya sangat penting bagi organisasi. Sangat penting untuk mengidentifikasi pemasok yang ada di pasar dan memilih yang terbaik yang memenuhi persyaratan perusahaan.

Pengecer & Distributor 

Mitra saluran memainkan peran penting dalam menentukan keberhasilan operasi pemasaran. Dengan berhubungan langsung dengan pelanggan, mereka dapat memberikan saran tentang keinginan pelanggan mengenai produk dan layanannya.

Pesaing 

Menjaga pengawasan ketat pada pesaing memungkinkan perusahaan merancang strategi pemasarannya sesuai dengan tren yang berlaku di pasar.

Pemegang Saham 

Pemegang saham adalah pemilik perusahaan, dan setiap perusahaan memiliki tujuan untuk memaksimalkan kekayaan pemegang sahamnya. Dengan demikian, kegiatan pemasaran harus dilakukan mengingat kembalinya kepada pemegang saham.

Pemerintah 

Departemen pemerintah membuat beberapa kebijakan yaitu. Kebijakan harga, kebijakan kredit, kebijakan pendidikan, kebijakan perumahan, dll. Yang memiliki pengaruh terhadap strategi pemasaran. Perusahaan harus terus memantau kebijakan ini dan membuat program pemasaran yang sesuai.

Masyarakat umum 

Bisnis memiliki beberapa tanggung jawab sosial terhadap masyarakat di mana perusahaan beroperasi. Dengan demikian, semua kegiatan pemasaran harus dirancang agar menghasilkan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga : 5 Proses Wirausahawan Ini Sangat Penting Dalam Bisnis

3. Lingkungan Pemasaran Makro


Lingkungan Pemasaran Macro mencakup semua faktor yang ada di luar organisasi dan tidak dapat dikendalikan. Faktor-faktor ini utamanya meliputi Kekuatan Sosial, Ekonomi, Kekuatan Teknologi, Politik dan Hukum. Ini juga disebut sebagai kerangka kerja PESTLE.

Uraian rinci tentang faktor Makro diberikan di bawah ini:

Faktor Politik & Hukum 

Dengan adanya perubahan dalam partai politik, beberapa perubahan terlihat di pasar dalam hal perdagangan, pajak, dan tugas, kode dan praktik, peraturan pasar, dan lain-lain. Jadi, perusahaan harus mematuhi semua perubahan dan pelanggaran yang bisa menghukum operasi bisnisnya.

Faktor Ekonomi 

Setiap bisnis beroperasi dalam ekonomi dan dipengaruhi oleh fase yang berbeda yang sedang dialaminya. Dalam kasus resesi, praktik pemasaran harus berbeda seperti yang diikuti selama periode inflasi.

Faktor Sosial 

karena bisnis beroperasi di masyarakat dan memiliki tanggung jawab terhadapnya harus mengikuti praktik pemasaran yang tidak membahayakan sentimen orang. Selain itu, perusahaan diwajibkan untuk berinvestasi dalam kesejahteraan masyarakat umum dengan membangun kenyamanan umum, taman, mensponsori pendidikan, dll.

Faktor Teknologi 

Seiring kemajuan teknologi dari hari ke hari, perusahaan harus terus memperbarui diri sehingga kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi dengan lebih presisi.

Oleh karena itu, lingkungan pemasaran memainkan peran penting dalam operasi bisnis dan harus ditinjau ulang secara berkala untuk menghindari kesulitan apapun.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon