12 Usaha Sampingan Di Rumah Untung Jutaan Rupiah


Usaha Sampingan di rumah
Usaha Sampingan Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Biaya kebutuhan hidup yang semakin tinggi membuat setiap orang berfikir keras agar pengeluaran tidak sampai melebihi pemasukan. Lalu bagaimana jika anggaran pengeluaran sudah sangat minimum tapi pemasukan tetap tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan yang ada? Maka sebagian besar orang akan menjadikan berhutang sebagai solusinya. Dan yang terjadi selanjutnya tentulah gali lobang tutup lobang. 

Sebenarnya ada cara lain yang lebih baik untuk mengelola gaji yang Anda terima, yaitu dengan membuka usaha sampingan di rumah. Membuat usaha sampingan di rumah merupakan salah satu solusi yang paling tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan. 

Dan tidak mustahil juga di masa yang akan datang pemasukan dari usaha sampingan  Anda lebih besar dari gaji pokok Anda. Sehingga Anda lebih memilih untuk mengembangkan bisnis dan menjadi wirausahawan sukses ketimbang terus-terusan menjadi karyawan.


Mulai Bangun Usaha Sampingan Anda Saat Ini Juga! 


Berwirausaha sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan tekad yang kuat untuk sukses dan pantang menyerah. Anda-lah yang menjadi bos untuk perusahaan kecil Anda. Jadi sukses atau tidaknya usaha tergantung pada diri Anda. Dengan modal tekad dan semangat saja bisa dapat jutaan rupiah? Jadi tunggu apa lagi? Segera buka usaha Anda sendiri. Berikut penulis sajikan beberapa referensi ide usaha sampingan di rumah.

1. Jasa les

Dengan berlakunya kurikulum baru, siswa kini dituntut untuk semakin pAndai dan aktif dalam mencari informasi. Membuka jasa les merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk membantu anak-anak belajar.  Keuntungan membuka jasa ini adalah Anda tidak perlu modal. Cukup dengan kesabaran, ketelitian, dan pengetahuan. 

Selain itu, Anda juga tidak perlu sewa tempat/toko. Cukup gunakan teras rumah atau ruang tamu Anda sebagai tempat belajar anak. Selain itu, Anda juga bisa menentukan tarif dan jam kerja sendiri. Menyenangkan bukan?

Sebaiknya Anda membuka jasa les sesuai skill dan keahlian Anda. Jika Anda pandai matematika, maka bukalah les matematika. Jika Anda pAndai bahasa Inggris, maka bukalah les bahasa Inggris. Dan tentukan juga jenjang pendidikan yang mampu Anda tangani, misal les khusus untuk siswa SD, SMP,  SMA. 

Keberhasilan Anda dalam jasa ini tergantung pada kepuasan orang tua siswa terhadap hasil belajar putra-putri mereka bersama Anda, dan banyaknya anak yang les di tempat Anda. 

2. Menjadi guru ngaji privat

Guru ngaji privat kini semakin banyak dicari. Terutama di kalangan masyarakat perkotaan. Sehingga membuka usaha sampingan sebagai guru ngaji privat adalah kesempatan yang bagus untuk mendapat penghasilan tambahan. Sebenarnya hampir sama dengan jasa les. Bedanya, biasanya guru ngaji privat diminta datang ke rumah yang ingin belajar. 

Dan yang belajar mengaji tidak terbatas berstatus siswa, bisa juga orang dewasa, bahkan orang tua. Penulis sendiri pernah diminta untuk mengajar privat mengaji satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak berusia 17 dan 10 tahun. 

Yang Anda perlukan jika berminat membuka jasa ini adalah kesabaran, semangat, tekad yang kuat, dan yang paling penting adalah Anda harus bisa mengaji, serta mengerti ghorib dan tajwid. Sehingga orang yang Anda ajari merasa puas dengan hasil kerja Anda.

3. Menjadi content writer

Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Jika Anda memiliki hobi menulis, maka menjadi content writer (penulis konten) blog adalah pilihan yang bagus untuk dijadikan usaha sampingan. Peminat usaha ini kebanyakan berstatus sebagai mahasiswa. Namun Anda yang bukan mahasiswa juga bisa mencoba usaha ini. 

Peluang menjadi content writer sangatlah besar, karena zaman sekarang ini banyak perusahaan yang memiliki blog/website dan membutuhkan banyak penulis artikel untuk mengisi blog/web tersebut. Biasanya perusahaan membayar Anda sesuai dengan jumlah artikel yang Anda buat. 

4. Jasa bikin web

Di zaman yang serba online, website menjadi kebutuhan pokok bagi perusahaan untuk memperkenalkan barang/jasa yang dijual kepada klien di seluruh belahan dunia. Oleh karena itu, jasa pembuatan web banyak dicari oleh para bos perusahaan. Jasa ini bisa bernilai ratusan ribu-jutaan rupiah tergantung tarif yang Anda tetapkan atau sesuai kesepakatan dengan klien.
Yang Anda butuhkan untuk memulai jasa ini adalah komputer, koneksi internet, dan pengetahuan tentang IT dan kemampuan membuat website. 

5. Usaha jahitan dan vermak

Penampilan yang “tidak pasaran” kini menjadi tren di kalangan masyarakat, sehingga banyak orang yang memilih menjahit atau mendesain baju sendiri untuk dipakai saat momen spesial. Selain itu banyak sekolah dan instansi pemerintahan yang memberikan seragam pada pegawai maupun calon siswa masih dalam bentuk kain. 

Hal ini menjadikan usaha jahitan dan vermak banyak diminati. Ditambah lagi dengan ongkos jahit yang menggiurkan. Di wilayah kota-kota besar, ongkos jahit untuk satu baju bisa mencapai 60 ribu rupiah, 100 ribu untuk satu stel pakaian, dan 50 ribu untuk vermak. Lumayan kan? Untuk membuka usaha jahit Anda hanya perlu memiliki sebuah mesin jahit dan skill dalam bidang jahit menjahit.

6. Jasa persewaan baju adat dan kebaya


Bagi orang yang tidak punya banyak waktu untuk menjahitkan baju, maka menyewa adalah pilihan yang tepat. Apalagi kini banyak sekolah dan instansi yang mewajibkan pegawai maupun civitas akademikanya untuk memakai baju daerah pada momen-momen tertentu. Ditambah lagi setiap tahun pasti ada acara wisuda. Apalagi jika rumah Anda berada di dekat kampus yang setiap bulan mengadakan wisuda. 

Tentu saja ini menjadi lahan empuk bagi para penyedia jasa persewaan baju adat dan kebaya. Jika Anda bisa mendapatkan 75-100 ribu rupiah untuk satu baju, maka Anda bisa menghitung sendiri berapa keuntungan yang Anda dapat jika banyak orang yang menyewa baju di tempat Anda.

7. Membuka jasa print dan fotocopy

Usaha sampingan di rumah
Jasa Print dan Foto Copy di Garasi
Jika tempat tinggal Anda berada di dekat instansi pendidikan, maka jasa print dan fotocopy menjadi bisnis yang cepat balik modal dan menguntungkan. Dengan modal komputer, printer, dan mesin fotokopi, Anda sudah bisa mendapatkan uang karena harga dihitung per lembar. Meski hanya ditarif 500 rupiah/lembar, jika dalam satu hari Anda dapat mencetak 100 lembar saja maka Anda sudah bisa membawa pulang uang 50.000 rupiah.

8. Jual aksesoris handmade

Seperti yang sudah penulis katakan di awal. Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Jika Anda tergolong orang yang mau mencoba, kreatif, dan telaten, maka usaha ini cocok untuk Anda. 

Kini aksesoris yang lucu dan unik menjadi banyak diminati. Dengan bahan-bahan sederhana, Anda sudah bisa mengisi pundi-pundi rupiah. Misalnya Anda bisa membuat bros dari kain flanel/pita, gantungan kunci dari cangkang kerang, anting dari cangkang telur, maupun kalung dan gelang manik-manik.

9. Jasa makeup (MUA)

Jika Anda adalah orang yang pandai memoles wajah, maka menjadi pemilik jasa make up adalah pekerjaan yang menjanjikan. Untuk 1 orang saja, Anda bisa mendapatkan 150-300 ribu rupiah. Biasanya dalam sekali job panggilan ke rumah, seorang penata rias bisa mendAndani 5-6 orang. 

Yang dibutuhkan untuk memulai jasa ini adalah kemampuan make up. Anda bisa mengikuti pelatihan make up atau melihat video tutorial yang tersebar luas di internet. Dan yang paling penting adalah, Anda harus punya peralatan make up yang lengkap dan aman.

10. Jasa fotografer

Tidak lengkap jika mengadakan momen spesial tanpa mengabadikannya dalam gambar. Dan gambar yang bagus tentu lebih baik jika diambil dengan kamera professional beserta fotografer yang hAndal. Jika Anda adalah orang yang hobi membidik objek menarik, mengapa tidak mencoba usaha ini? Sekarang ini rasanya tidak afdhol jika melangsungkan pernikahan tanpa pre wedding dan memajang foto pengantin di sampul undangan. Nah, inilah lahan empuk bagi Anda. Selain itu Anda juga bisa membuka stan-stan foto di acara wisuda. Dijamin, pasti laku. Apalagi jika Anda memiliki background foto yang tidak biasa.

11. Jasa pesan antar makanan

usaha sampingan
Jasa Antar Makanan
Lapar tapi malas keluar rumah adalah alasan yang lazim diucapkan oleh orang yang lelah setelah seharian bekerja. Maka, Anda bisa memanfaatkan keadaan seperti ini untuk memulai usaha pesan antar makanan. Anda hanya perlu memasang pamflet dan nomer telepon agar banyak orang yang tahu bahwa Anda bisa membantu mereka membelikan makanan tanpa harus keluar rumah.

12. Berjualan pulsa


Kini, pulsa menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Terutama pulsa yang digunakan untuk paket data internet. Tanpa pulsa, tentu saja orang tidak bisa menjelajah di dunia maya dan menjalankan sosial media yang mereka punya. Oleh karena itu, berjualan pulsa adalah lahan subur untuk memanen rupiah. Hanya dengan 50 ribu rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan saldo yang bisa Anda jual kembali kepada orang lain. Untuk berjualan pulsa Anda juga tidak memerlukan tempat yang luas, Anda bisa mengerjakannya dimana saja dan kapan saja. Mudah bukan? 
           
Nah, itulah beberapa referensi usaha sampingan di rumah yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk memulai berwirausaha dari tempat tinggal Anda. Jadi bagaimana? Tertarik untuk berwira usaha? Jangan menunda-nunda untuk sukses ya. Sekian dulu yang bisa penulis bagi. Semoga bermanfaat.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon