24 Ide Strategi Pemasaran untuk Bisnis Kecil

Strategi Pemasaran adalah kunci sukses di hampir semua bisnis. Bukan hal yang aneh, sebenarnya, untuk produk biasa-biasa saja dengan pemasaran hebat untuk mengungguli produk bagus yang dipasarkan dengan buruk. Bisnis besar dapat mendedikasikan banyak uang dan staf untuk menghasilkan ide pemasaran blockbuster untuk produk mereka. Usaha kecil dan menengah tidak mampu membayar kemewahan itu. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hasil pemasaran produk Anda?

24 Ide  Strategi Pemasaran untuk Bisnis Kecil


Jawabannya sederhana: terus mencoba metode pemasaran yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Gagasan banyak jika Anda mencarinya. Perhatikan seberapa besar perusahaan (dan juga usaha kecil lainnya) memasarkan produk mereka, dan kemudian menyesuaikan teknik pemasaran mereka untuk bisnis dan anggaran Anda.

Baca Juga : 24 Strategi Pemasaran Yang Bekerja Untuk Usaha Kecil

Ide pemasaran apa yang bekerja untuk bisnis kecil? Strategi apa yang dapat Anda gunakan untuk membuat pelanggan memperhatikan Anda dan memberi Anda bisnis mereka? Inilah 24 gagasan untuk membantu Anda mencapai target pasar Anda tanpa menghabiskan banyak uang.

 24 Ide Strategi pemasaran Yang Perlu Dipertimbangkan


1. Jadilah berbeda.

Ambil isyarat Anda dari pengiklan dan merek besar dan temukan sesuatu yang membedakan Anda dari pesaing Anda - lalu promosikan selisihnya. Perbedaannya bisa jadi slogan Anda, perbedaan utama dalam produk Anda, atau bahkan perbedaan yang dirasakan. Misalnya, apakah produk bawaan yang Anda jual lebih ringan? Apakah layanan rumput ramah lingkungan Anda membuat rumput lebih hijau, "alami"?

2. Bentuk aliansi strategis dengan bisnis lain.

Carilah bisnis yang menjangkau target pasar Anda dan pertimbangkan cara untuk bekerja sama. Apakah Anda secara aktif memasarkan layanan masing-masing, atau bekerja sama untuk mengerjakan pekerjaan klien, aliansi strategis dapat memperluas jangkauan Anda dan memperkuat bottom line Anda.

3. Segmentasikan pasar Anda

dan menciptakan produk atau mengembangkan spesialisasi yang menarik secara khusus untuk kebutuhan masing-masing segmen.

4. Sesuaikan iklan, selebaran dan penawaran Anda untuk berbagai segmen pasar.

Jika pemasaran Anda termasuk memberikan seminar, dan Anda ingin menarik lebih banyak klien wanita, pastikan materi penjualan Anda mencakup gambar wanita. Jika Anda membuat dan mencetak brosur Anda sendiri pada printer laser, ada dua versi flier - satu dengan hanya foto wanita saat Anda menangani kebanyakan penonton wanita, dan satu lagi dengan gambar pria dan wanita.

5. Perluas ke pasar baru.

Jual produk roti Anda ke restoran lokal dan fasilitas katering serta langsung ke konsumen; jika Anda menjual jasa perkantoran ke usaha kecil, cari bisnis dari bisnis yang lebih besar, dan agen pemerintah federal, negara bagian atau lokal.

6. Bicaralah dengan pelanggan Anda - mintalah umpan balik dari mereka.

Tanyakan kepada mereka apa yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik. Jika Anda melihat kecenderungan apa yang dimintanya, lakukanlah di atasnya.

7. Letakkan bisnis Anda di web jika Anda belum melakukannya.

8. Terdaftar di Google Bisnisku dan direktori online lainnya.

Jika bisnis Anda lokal, bergabunglah dengan kelompok bisnis lokal yang memelihara direktori anggota dan pastikan Anda terdaftar di dalamnya. Pemilik bisnis yang mendengar Anda berbicara tentang SEO di pertemuan Kamar mungkin akan mengingat Anda sebagai "gal SEO", dan mungkin ingat nama Anda, tapi bukan perusahaan atau nomor telepon Anda. Terdaftar di direktori anggota akan membantu orang tersebut menemukan Anda saat mereka membutuhkan layanan Anda.

9. Terlibatlah dalam media sosial.

Tanyakan kepada pelanggan Anda bahwa jaringan sosial mana yang mereka ikuti, dan kemudian luangkan beberapa menit sehari untuk berpartisipasi dalam penggunaan sebagian besar pelanggan.

10. Isi profil media sosial dengan sedetail mungkin, pastikan untuk menyertakan tautan situs web dan produk.

11. Gunakan surat langsung untuk menjangkau pelanggan Anda. Ya, ini adalah teknik kuno di dunia yang selalu ada, namun tetap berhasil.

12. Kirim kartu atau kartu pos ke pelanggan

untuk mengingatkan mereka saat mereka harus kembali untuk pemeriksaan ulang, atau untuk mengingatkan mereka sebelum janji temu yang dijadwalkan bulan sebelumnya.

13. Letakkan kata kunci lokal

(nama kota atau kabupaten Anda misalnya) di halaman web Anda dan dalam tag judul untuk membantu pencari web menemukan Anda.

14. Tambahkan tombol share ke situs Anda dan dorong pengunjung untuk menggunakannya.

15. Rangkullah Pemasaran Konten.

Pemasaran konten adalah istilah yang hanya berarti mempublikasikan informasi kepada pelanggan potensial di produk dan layanan Anda dan perusahaan Anda. Sementara tujuan pemasaran konten, seperti pemasaran apa pun, pada akhirnya menghasilkan penjualan, pemasaran konten tidak "dijual". Sebaliknya, ini berfokus pada memenangkan pelanggan dengan memberi mereka informasi bermanfaat atau menghibur untuk membantu mereka memutuskan pembelian dan vendor. Konten bisa berupa posting blog, gambar, infografis, video, atau bahkan slide presentasi, dan harus dipromosikan dimanapun pelanggan Anda cenderung menemuinya.

16. Kirim email ke pelanggan Anda.

Rencanakan email yang dijadwalkan secara teratur yang menyediakan kupon dan penawaran khusus, tip produk, petunjuk bermanfaat untuk meningkatkan bisnis atau kehidupan pribadi mereka, atau informasi lainnya yang akan membantu mereka mengingat Anda dan mengunjungi toko atau situs Anda lagi. Kontak Konstan * adalah satu layanan email yang memudahkan pengiriman email yang menarik perhatian ke daftar pelanggan Anda.

17. Mengembangkan dan mempromosikan pemberian konten.

Hadiah konten adalah hal-hal seperti booklet instruksional, materi sampingan, tip tentang penggunaan produk, formulir dan template dan informasi lainnya yang menurut prospek Anda akan berharga. Anda dapat membuatnya di komputer dan mendistribusikannya secara online, meminimalkan biaya penerbitan dan distribusi. Mengharuskan orang yang meminta giveaway untuk mengisi formulir yang memberi Anda informasi kontak. Begitu mereka melengkapi formulirnya, maka Anda mengirimkan email ke dokumen yang mereka minta. Dengan cara itu Anda memiliki cara untuk menindaklanjuti prospek setelah mereka mendapatkan hadiah Anda. Sebagai contoh bagaimana cara kerjanya, mintalah Panduan Tahu-Cara Bisnis Gratis untuk Membangun Daftar Email Anda.

18. Sertakan nomor telepon Anda di iklan bayar per klik Anda agar lebih mudah bagi pelanggan untuk meminta informasi lebih lanjut atau menelepon untuk melakukan pembelian.

19. Jadikan nomor telepon di situs Anda sebagai tautan klik untuk menelepon agar pelanggan Anda dapat menggunakan ponsel cerdas untuk menghubungi Anda.

20. Beriklanlah di pembeli mingguan dan bagian rahasia surat kabar mingguan setempat jika bisnis Anda lokal. Cari penawaran untuk mendapatkan iklan Anda di edisi cetak maupun edisi online publikasi.

21. Beriklan di mesin pencari Google dan Bing. 

Jika pesanan pelanggan khas Anda beberapa item, atau Anda menjual barang dengan harga tinggi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari iklan di mesin pencari. Tapi sebelum Anda memulai, pastikan Anda tahu mana dari halaman web Anda yang terbaik untuk penjualan, lalu arahkan iklan mesin pencari ke halaman-halaman itu. Jika Anda belum pernah diiklankan di search engine, cari penawaran yang memberi Anda sejumlah iklan gratis. (Sering $ 50.)

22. Berikan sesuatu yang berguna 

Dengan pembelian dengan jumlah dolar tertentu. Anda mungkin memberi sikat serat murah dengan pembelian pakaian lebih dari $ 100, katakanlah, atau dorongan jempol ke pelanggan baru yang mempekerjakan Anda untuk membuat presentasi PowerPoint mereka terlihat bagus.

23. Jadilah proaktif dan gigih. 

Anda tidak belajar mengendarai sepeda saat masih kecil dengan memikirkan bagaimana mengendarai sepeda. Anda pergi keluar dan mencoba, dan mencoba lagi sampai Anda belajar menyeimbangkan diri Anda dan kemudian secara bertahap mengambil kecepatan. Pemasaran tidak berbeda. Anda harus menyimpannya sampai Anda menemukan apa yang sesuai untuk Anda. Kemudian, jika Anda ingin melanjutkan momentum Anda, Anda harus terus memasarkannya.

24. Mulai hari ini. Buatlah daftar ide pemasaran Anda sendiri. 

Sertakan beberapa gagasan pada daftar di atas, atau gagasan Anda sendiri. Sertakan ide pemasaran yang telah Anda gunakan sebelumnya dan yang belum Anda sukai. Sertakan strategi pemasaran yang pernah Anda lihat dari perusahaan lain. Kemudian mulailah mempraktikkannya satu per satu. Bertujuan untuk mencoba satu ide pemasaran baru dalam seminggu. Terus gunakan yang bekerja, buang yang tidak dan perhatikan bisnis Anda berkembang.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon