24 Strategi Pemasaran Yang Bekerja Untuk Usaha Kecil.

Strategi pemasaran yang baik untuk digunakan selalu menjadi tugas yang menantang bagi usaha kecil. Namun, semakin banyak saluran pemasaran yang ada saat ini membuatnya semakin sulit untuk menemukan strategi pemasaran terbaik untuk membangun bisnis Anda.

Jadi, apa cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda hari ini? Sayangnya, tidak ada satu pun ide pemasaran push-button yang akan mengirim arus pelanggan ke pintu Anda. Apakah Anda menjual produk atau layanan, Anda harus menggunakan beberapa strategi pemasaran untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Strategi Pemasaran

Daftar di bawah ini menyajikan berbagai strategi dan ide pemasaran. Beberapa ide itu cukup mendasar, tapi sangat sering strategi pemasaran dasar yang penting yang diabaikan atau diabaikan oleh bisnis.

Jika Anda sudah lama berkecimpung dalam bisnis dan belum mengubah metode pemasaran Anda selama bertahun-tahun, perhatikan secara khusus strategi yang melibatkan Internet dan pemasaran digital. Tidak peduli bagaimana pelanggan yang ada menemukan Anda, bisnis dan konsumen saat ini secara teratur beralih ke media digital untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan penyedia layanan penelitian mereka sebelum menentukan penyedia layanan yang akan mereka gunakan. Anda ingin mereka menemukan perusahaan Anda.

Strategi Pemasaran apa yang bekerja untuk usaha kecil saat ini? Apa cara terbaik untuk membuat pelanggan tahu tentang bisnis Anda, menghubungi Anda, atau melakukan pembelian? Berikut adalah 24 strategi pemasaran yang bekerja untuk usaha kecil.

Strategi Marketing Yang Baik


1. Identifikasi target pasar.

Buat profil pelanggan ideal Anda. Apa jenis orang yang membeli layanan ini paling sering hari ini? Mengapa mereka membutuhkan dan sangat menginginkan layanan ini? Apa fungsi pekerjaan mereka? Jika itu produk konsumen, di mana mereka tinggal? Berapa umur mereka? Berapa banyak uang yang mereka hasilkan? Faktor lain apa yang membuat mereka menjadi pelanggan potensial? Di mana mereka kemungkinan besar mencari layanan atau mendengarnya? Siapa yang mungkin mereka minta rujukan?

Baca Juga : Faktor Faktor Penting Untuk Merintis Usaha Awal Bsnis Online

Begitu Anda menjawab pertanyaan itu, tanyakan pada diri Anda satu hal lagi: "Di mana saya harus berjejaring atau apa yang harus saya lakukan untuk membuat diri saya diketahui oleh calon pelanggan itu atau orang-orang yang memberikan rujukan prospeknya." Setelah Anda menjawab pertanyaan, lakukanlah pada mereka.

2. Promosikan apa yang ingin dibeli oleh pelanggan Anda.

Pelanggan tidak benar-benar menginginkan layanan yang Anda lakukan. Mereka ingin solusi untuk masalah atau manfaat layanan Anda menyediakan. Pikirkan tentang itu. Seorang pelanggan tukang ledeng tidak terlalu tertarik dengan pipa ledeng. Mereka ingin pipa bocor tetap. Pelanggan pengembang web tidak menginginkan database atau desain. Mereka menginginkan sebuah situs web yang akan membuat mereka terlihat bagus, ditemukan di mesin pencari, dan membantu mereka mendapatkan pelanggan baru. Jika Anda memerlukan bantuan untuk mencari tahu apa yang benar-benar dibeli pelanggan Anda, tanyakan kepada mereka. Tuliskan jawaban dan penggunaannya. Dapatkan hasil yang lebih baik dari semua pemasaran yang Anda lakukan dengan memusatkan perhatian pada masalah spesifik yang dapat dipecahkan atau manfaat layanan Anda.

3. Buatlah diri Anda sumber terpercaya untuk prospek dan pelanggan.

Orang suka membeli dari orang yang mereka kenal dan percaya. Mereka juga tidak suka ada yang "dijual" kepada mereka. Jadilah sumber terpercaya bagi prospek Anda dengan memberikan informasi yang akan membantu mereka membuat pilihan yang baik.

4. Buatlah diri Anda sumber untuk media.

Anggota pers selalu mencari sumber yang berwibawa untuk dikutip. Tetap berhubungan dengan media lokal melalui grup jaringan online dan offline dan berlangganan HARO untuk menerima pertanyaan dari media yang mencari subjek wawancara untuk cerita.

5. Siapkan profil profesional

untuk diri sendiri dan / atau bisnis Anda di LinkedIn, Twitter, Facebook dan Google Profil (yang juga berfungsi sebagai profil Anda di Google+). Pastikan setiap profil Anda memiliki tautan ke situs web Anda. Jika Anda memenuhi prospek dan kehilangan kartu bisnis Anda, mereka mungkin mengetikkan nama Anda ke mesin pencari untuk mencoba menemukan Anda. Memiliki profil di situs media sosial terbesar akan memungkinkan mereka menemukan Anda dan tautan ke situs web Anda.

6. Klaim tempat Anda di Google Places.

Google menempatkan cantuman bukan hanya untuk tempat makanan cepat saji atau toko eceran. Anda dapat mencari semua jenis layanan menurut lokasi, dan Google akan menampilkan daftar perusahaan yang cocok dengan layanan yang Anda telusuri di lokasi yang Anda tentukan. Jika Anda tinggal di kota besar, tidak ada jaminan bahwa profil tempat Anda akan muncul di daftar halaman pertama itu. Tapi memiliki profil memberi Anda keunggulan.

7. Carilah kelompok diskusi media sosial yang menarik target pelanggan Anda.

Bergantung pada apa yang Anda jual, cari kelompok khusus topik dan / atau kelompok diskusi berbasis lokasi. Sisihkan beberapa menit sehari untuk membaca percakapan, dan kemudian bergabunglah bila sesuai, buat komentar informatif atau posting sumber yang berguna. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan ini, pekerjakan seorang freelancer atau seorang karyawan untuk membantu dengan memaafkan percakapan yang mungkin ingin Anda ikuti.

8. Tulis artikel informatif yang berhubungan dengan layanan yang Anda berikan.

Masukkan beberapa artikel di situs Anda sendiri, dan bagikan yang lain ke situs artikel dan ke situs lain yang menjangkau audiens Anda dan gunakan artikel kontributor. Pastikan untuk menyertakan kotak sumber "tentang penulis" dengan tautan ke situs web Anda. (Untuk kiat lebih lanjut tentang pemasaran artikel, baca Artikel Pemasaran dan Larangan.) Artikel akan membantu mendapatkan diri Anda dan perusahaan Anda diketahui, dan membantu membangun kredibilitas Anda.

9. Cetak selebaran atau brosur dan distribusikan ke grup keanggotaan yang menjadi milik Anda, jika diperbolehkan.

Anda bisa mendapatkan template gratis dari HP dan Microsoft yang bisa Anda gunakan untuk membuat sendiri. Cetak sejumlah kecil selebaran atau lembaran produk Anda pada printer berwarna. (Pastikan untuk menggunakan kertas berkualitas baik - sesuatu yang lebih berat daripada kertas fotokopi standar.) Bila Anda tahu Anda memerlukan seratus salinan atau lebih sekaligus, bandingkan biaya yang harus dicetak dengan biaya cetak sendiri. Pastikan untuk memberi cukup waktu agar pencetakan dikirimkan kepada Anda.

10. Relawan berbicara di kelompok bisnis lokal.

Kelompok bisnis lokal selalu membutuhkan pembicara yang menarik untuk menarik anggota ke pertemuan. Pembicaraan Anda seharusnya menyangkut bidang spesialisasi Anda, namun harus berfokus pada kebutuhan informasi audiens dan masalah yang ingin mereka selesaikan.

11. Kirimkan proposal untuk berbicara di konferensi kelompok industri.

Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman berbicara, lihat apakah Anda bisa masuk ke panel, alih-alih memberikan pidato solo. Pastikan untuk mempromosikan partisipasi Anda di panel sebelum acara berlangsung, dan tautkan ke video atau promo acara lain yang telah diposkan oleh perencana konferensi.

12. Rujuk bisnis ke bisnis lain di jaringan Anda.

Memberi arahan sama pentingnya sebagai alat jaringan untuk mendapatkannya. Orang-orang merekomendasikan orang yang mereka sukai ... dan orang bisnis biasanya menyukai orang bisnis lain yang mengirimkan bisnis kepada mereka.

13. Tweet, sebutkan dan link ke posting blog dan posting jejaring sosial

dibuat oleh orang lain jika apa yang mereka tuliskan sesuatu yang menarik bagi audiens Anda. Selain menyediakan materi yang baik untuk pengikut Anda, ini adalah cara yang baik untuk memenangkan teman media sosial, memperluas jaringan Anda, dan mendapatkan nama dan keahlian Anda yang dikenal.

14. Buatlah sebuah daftar email dan kirimkan surat informatif kepada mereka secara teratur.

Milis Anda harus terdiri dari orang-orang yang telah meminta untuk berada di atasnya. (Memiliki kotak pendaftaran nawala di halaman web Anda adalah salah satu cara yang baik untuk membuat orang "meminta" berada di milis Anda.)

15. Bergabunglah dan ikut serta dalam kelompok bisnis lokal

dan coba satu atau dua kelompok memimpin juga. Sumber bisnis terbaik bagi banyak bisnis jasa kecil adalah rujukan.

16. Stick dengan kelompok yang menarik jenis orang yang Anda inginkan sebagai pelanggan.

Bahkan ketika orang tidak benar-benar mengenal Anda, Anda menjadi sumber yang lebih tepercaya hanya dengan muncul.

17. Tetap berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan lama dengan kartu pos.

Orang yang tidak punya waktu untuk berbicara dengan Anda hari ini, mungkin memerlukan layanan Anda (atau mengenal orang lain yang melakukannya) sebulan atau 6 bulan dari sekarang.

18. Minta rujukan.

Selain meminta klien yang sudah ada jika mereka mengenal orang lain yang dapat menggunakan layanan Anda, pertimbangkan profesional lain yang Anda kenal yang bisa merujuk bisnis kepada Anda - dan sebaliknya. Jika Anda seorang tukang listrik, bicaralah dengan pembangun lokal dan kontraktor renovasi, tukang ledeng, dan orang-orang yang meletakkan genteng. Jika Anda seorang desainer grafis berbicara dengan perancang web dan agen iklan, tentang merujuk pekerjaan.

19. Angkat telepon dan panggil kemungkinan prospek.

Panggilan dingin itu sulit dan Anda harus bisa mengatasi penolakan. Tapi itu berhasil. Jika Anda takut mencobanya, lihat artikel ini tentang membuat panggilan dingin menjadi lebih mudah.

21. Jangan terlalu cepat untuk mencegah kickers ban.

Sulit untuk mengetahui di mana menarik perhatian orang-orang yang terus mengajukan pertanyaan tanpa ada indikasi bahwa mereka berencana melakukan pembelian, namun terkadang pertanyaan tersebut digunakan sebanyak mungkin untuk Anda atau bisnis Anda karena mereka mendapatkan informasi.

22. Punya website dan mempublikasikannya.

Ini mengherankan saya, tapi masih ada bisnis yang tidak memiliki situs web. Saya berada di sebuah pertemuan Chamber of Commerce beberapa bulan yang lalu dan bertemu dengan seseorang yang mengatakan bahwa dia adalah seorang copywriter. Saya meminta kartu nama, dan kartu namanya tidak memasukkan situsnya, jadi saya meminta URL situs webnya. Hebatnya lagi, orang yang baru saja mencoba meyakinkan saya bahwa dia bisa menulis salinan untuk web, tidak memiliki situs web.

Baca Juga : Langkah Awal Menuju Kesuksesan Dalam Bisnis Online

Tidak peduli berapa banyak jaringan orang yang Anda lakukan atau seberapa banyak jaringan media sosial yang Anda lakukan, Anda tetap memerlukan sebuah situs web. Prospek Anda akan ingin melihat contoh pekerjaan Anda, mendapatkan lebih banyak informasi tentang Anda, dan jika Anda seorang konsultan atau ahli lainnya, mereka mungkin akan ingin membaca hal-hal yang telah Anda tulis tentang bidang keahlian Anda. Anda dapat mengontrol apa yang mereka lihat di situs Anda sendiri. Anda tidak dapat mengontrol iklan apa yang muncul di samping posting Anda atau peraturannya ada di situs media sosial.

Jika Anda tidak mampu membayar pengembang web, tetapkan setidaknya situs web sederhana menggunakan situs web hosting dan alat desain berbayar gratis atau murah seperti Weebly atau GoDaddy. Begitu Anda memiliki sebuah situs web, pastikan itu tercantum di semua literatur penjualan Anda, kartu bisnis Anda, direktori anggota asosiasi, dan sebanyak mungkin tempat Anda bisa mendapatkan daftar.

23. Miliki situs web yang berfungsi penuh.

Keadaan lain yang saya temukan menakjubkan adalah jumlah usaha kecil yang bergabung dengan grup jaringan bisnis lokal dan memiliki situs web non-kerja yang tercantum dalam direktori keanggotaan grup. Terkadang karena daftar direktori itu diterbitkan dengan salah ketik pada nama domain. Tapi seringkali, nampaknya bisnis yang memiliki nama domain membiarkannya selang - atau tidak pernah selesai menyiapkan website. Jangan biarkan hal itu terjadi pada Anda. Pastikan Anda mendaftarkan nama domain Anda sendiri (alih-alih membiarkan pengembang web melakukannya), dan pastikan agar informasi kartu kredit Anda tetap up-to-date di registrar domain. Periksa daftar direktori asosiasi Anda setelah dipublikasikan untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik dan tautan berhasil. Periksa setiap halaman di situs Anda untuk memastikan Anda tidak meninggalkan tautan yang menuju halaman kosong atau "di bawah halaman konstruksi".

24. Jangan berhenti memasarkan.

Begitu bisnis mulai masuk secara teratur, sangat menggoda untuk mengurangi beberapa pemasaran dan jaringan yang Anda lakukan. Tapi itu sebuah kesalahan. Anda perlu memasarkan secara terus menerus agar bisnis tetap berjalan teratur.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon