3 Kendala Utama Kerja Sampingan di Rumah Yang Bisa Membuat Lemah Bisnis

kendala Kerja sampingan
Waspadai Kendala Kerja Sampingan di Rumah

Kerja sampingan di rumah adalah salah satu upaya seseorang untuk menambah pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun hanya untuk mengisi waktu luang. Ada banyak cara seseorang untuk mencoba kerja sampingan di rumah, seperti bekerja secara freelance dengan waktu yang bebas, secara partime sepulang bekerja, bisa juga secara fulltime dengan meminta orang lain untuk membantu Anda dalam menjalankan usaha sampingan Anda di rumah.

Bekerja sambil menjalani usaha sampingan di rumah bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan seseorang sebelum memulai kerja sampingan di rumah. Agar kerja sampingan di rumah bisa tetap berjalan dengan baik dan bisa menambah penghasilan namun tidak mengganggu pekerjaan utama.

Kenali, Antisipasi dan Buatlah Solusi!

3 Kendala Utama Kerja Sampingan di Rumah menjadi Gagal


Berikut ini adalah kendala yang biasa dihadapi oleh seseorang yang bekerja dan membuat kerja sampingan di rumah menjadi gagal dan malah merugikan.

1. Bingung menentukan bidang usaha

Hal yang pertama kali difikirkan ketika ingin kerja sampingan di rumah adalah menentukan bidang usaha apa yang ingin dibuat. Tentu saja hal ini menjadi membingungkan karena usaha sampingan yang dibuat biasanya tergantung pada modal yang ada, lebih mumpuni kerja sampingan sebagai apa, kira-kira ruangan di rumah cukup untuk usaha apa, usaha apa yang laris diburu pembeli, dan sebagainya.

Segala sesuatunya memang harus dipersiapkan secara matang agar kerja sampingan bisa sukses dan memberikan pendapatan dan keuntungan yang banyak. Yang salah adalah ketika terlalu banyak perencanaan namun tidak terealisasi karena sering berganti-ganti ide. Atau ketika sudah menetapkan satu rencana, orang tersebut menunda-nunda atau malas untuk memulai. Sehingga rencana hanya tinggal rencana tanpa satu tindakan yang nyata

2. Pembagian waktu antara pekerjaan utama dan sampingan

Bagi ibu rumah tangga tentu kerja sampingan di rumah bisa lebih mudah dikerjakan karena hanya harus membagi waktu antara mengurus keluarga dan mengurus kerja sampingan. Tapi bagaimana dengan para pekerja seperti guru, para pegawai kantoran, para karyawan pabrik?

Mereka tentu harus membagi waktu untuk pekerjaan utama, dan pekerjaan sampingan, dan bagi yang sudah berkeluarga ditambah lagi dengan pekerjaan rumah tangga dan waktu yang berkualitas untuk keluarga. Hal ini adalah hal yang paling banyak dialami oleh para pekerja yang juga membuat kerja sampingan di rumah.

Biasanya kerja sampingan yang dibuat menjadi tidak terurus dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi hal ini, maka bagi yang menjadi guru atau yang pekerjaannya memiliki 2 shift kerja sampingan di rumah bisa dilakukan sepulang kerja. Atau jika masuk shift malam, maka Anda bisa kerja sampingan di siang hari. Atau jika memang terlalu capek, Anda bisa kerja sampingan di hari libur saja, misalnya hari sabtu dan minggu.

Selain itu, Anda juga bisa membuka kerja sampingan di rumah yang tidak produksi atau hanya menjual saja. Dengan begitu waktu Anda tidak banyak terbuang untuk memproduksi, jadi Anda tinggal melayani pembeli saja.

Atau jika Anda memang ingin membuka kerja sampingan yang memproduksi barang, sebaiknya Anda meminta bantuan teman atau keluarga untuk membantu Anda mengerjakan pembuatan produk tersebut. Sehingga baik pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan Anda tetap berjalan seimbang dan tidak keteteran.

3. Manajemen usaha

Manajemen usaha adalah hal penting yang juga harus dipikirkan ketika Anda memutuskan untuk bekerja sambil kerja sampingan di rumah. Anda harus tetap mempunyai rencana tentang kerja sampingan Anda untuk kedepannya. Apakah selamanya akan Anda manajeri sendiri, selamanya Anda akan memproduksi barang yang sama, dan memproduksinya sendiri atau ada tujuan kedepan untuk merekrut karyawan, dan memproduksi/menjual barang yang lebih bervariasi.

Karena Anda pun harus selalu mengontrol kualitas bahan yang Anda gunakan dan bagaimana kualitasnya dan apapun yang berhubungan dengan usaha Anda termasuk peningkatan/penurunan pendapatan dari kerja sampingan Anda, juga kepercayaan langganan kepada Anda. Sehingga sekalipun Anda memiliki pekerjaan utama, pekerjaan sampingan Anda tetap terurus dengan baik.

Itulah beberapa kendala yang biasa dihadapi oleh para pekerja yang juga membuat usaha sampingan di rumah. Namun setiap kendala pastilah ada solusinya. Oleh karena itu, dalam menjalani masa-masa kerja sampingan di rumah juga perlu memiliki kesabaran dan pemikiran yang jernih untuk menghadapi kendala dan mencari solusi atas setiap permasalahan yang ada.

Begitu Anda mengerti cara mengatasi semua kendala yang ada, maka tidak ada jalan lain kecuali usaha sampingan Anda berkembang pesat menjadi bisnis berkeuntungan jutaan rupiah.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon