5 Cara Promosi Bisnis Rumahan Modal Kecil

promosi bisnis rumahan
Promosi Bisnis Rumahan 

Bisnis rumahan modal kecil adalah suatu usaha yang bisa dilakukan seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal minimal karena dilakukan di rumah (sehingga tidak perlu modal untuk sewa tempat) dan dengan bisnis yang bermodal ringan (tidak memerlukan banyak alat dan bahan yang canggih dan mahal). 

Karena tujuan dari bisnis rumahan modal kecil adalah mendapatkan penghasilan tambahan, maka tentu saja diperlukan pelanggan. Nah, untuk mendapatkan pelanggan yang banyak maka yang diperlukan adalah promosi. Ada beberapa cara untuk mempromosikan bisnis rumahan, antara lain

1. Perkenalkan Bisnis Anda dengan Membuat selebaran

Cara pertama untuk mempromosikan bisnis rumahan modal kecil adalah dengan membuat selebaran. Isi selebaran bisa berupa jenis bisnis, keunggulan dan harga produk, tempat usaha dan yang tidak boleh ketinggalan adalah contact person sehingga calon pembeli bisa menghubungi atau datang ke tempat anda ketika mereka membutuhkan atau tertarik dengan produk yang anda tawarkan. 

Contact person biasanya berupa nomor telepon atau whatsapp anda, website bisnis anda (jika ada), atau sosial media dari bisnis anda. Jika anda ingin menghemat pengeluaran anda bisa mencetak selebaran dengan warna hitam putih lalu diperbanyak dengan cara fotocopy. Atau jika anda memiliki modal yang lebih banyak anda bisa membuat desain selebaran dengan lebih apik dan berwarna agar menarik banyak calon pembeli. 

2. Memberikan tester pada calon pembeli untuk Mendapat Testimoni

Jika anda membuka bisnis rumahan modal kecil di bidang kuliner, memberikan tester pada calon pembeli juga bisa dikatakan sebagai suatu cara promosi. Karena dengan begitu seseorang akan mengetahui rasa dari makanan yang anda jual. Sehingga anda bisa mempromosikan produk anda dan mengetahui pendapat mereka secara langsung dan jika ada kekurangan mereka bisa memberikan masukan kepada anda selaku pembuat dan penjual makanan tersebut. 

Selain itu jika rasa makanan anda sudah enak, maka akan ada banyak orang yang mau membeli produk anda. Anda bisa memberikan tester pada calon pelanggan di acara perkumpulan warga seperti pengajian atau rapat warga. Selain itu anda juga bisa memberikan tester pada calon pembeli di event-event expo atau pameran. Sehingga makanan yang anda jual bisa dikenal orang banyak.

3. Mengikuti pameran/expo

Mengikuti pameran/expo juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan bisnis rumahan modal kecil yang anda punya. Untuk mengikuti expo anda harus mendaftarkan produk anda terlebih dahulu. Dan pastikan produk anda sesuai dengan expo yang diadakan. Sehingga produk bisnis rumahan modal kecil yang anda miliki bisa dikenal masyarakat luas. 

Untuk keberhasilannya tentu saja anda tidak bisa hanya sekali mengikuti pameran. Anda harus rajin mengikuti pameran dimana saja sehingga produk anda dikenal oleh banyak orang, tidak sebatas orang yang berada di lingkungan sekitar anda saja.

4. Bangun Target Market Anda di sosial media

Ini adalah hal paling mudah yang bisa anda lakukan. Anda tinggal memposting produk bisnis rumahan modal kecil yang anda miliki di sosial media yang anda punya. Dengan begitu teman-teman di sosial media anda mengetahui jika anda memiliki produk bisnis milik anda sendiri. 

Anda juga bisa meminta bantuan teman-teman anda untuk membantu merepost produk anda ke teman-teman mereka dan merekomendasikan produk anda. 

5. Membuat Toko Online Anda Sendiri

Toko online adalah hal lain yang juga bisa meningkatkan penjualan anda. Membuka toko anda di aplikasi toko online sangatlah mudah dan gratis. Sehingga ini tidak akan menguras banyak biaya bagi anda untuk membuka toko namun penjualan anda bisa tetap maksimal. 

Itulah beberapa cara promosi yang bisa anda coba untuk meningkatkan penjualan anda. Semoga dengan keempat cara yang saya paparkan diatas, penjualan produk anda bisa meningkat pesat. Semoga bermanfaat.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon