5 Cara Sederhana Meningkatkan Popularitas Bisnis Anda Secara Online

Cara Meningkatkan Exposure Bisnis - Beberapa masa-masa lalu, seorang teman berbicara kepada saya bahwa dia bakal resign dari lokasinya bekerja dalam masa-masa dekat. Ketika saya tanyakan alasannya, dia menuliskan bahwa dia hendak memulai bisnis sendiri. 

Kemudian saya tanyakan lebih lanjut, bisnis apa yang hendak dia lakukan, dia menjawab: “saya hendak jualan baju secara online”. Ya, betul. Internet sedang trend dan booming. Salah satu efek lanjutannya ialah semakin tidak sedikit orang yang hendak “kecipratan” profit melewati berjualan secara online dengan memakai toko online, mulai dari jualan baju, fashion, asesoris, dan sebagainya. 

Bahkan, tidak melulu individu, sekarang mulai tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang mulai memanfaatkan internet sebagai di antara channel pemasarannya dalam memasarkan produk-produknya. Saya pernah mengejar sebuah perusahaan penyalur yang memakai blog dalam menjual produk-produk perangkat pemadam api dan kamera CCTV. 

5 Cara Simple Untuk Meningkatkan Penjualan


Nah, berikut ialah 5 tips dari saya bagaimana supaya sukses jualan secara online, baik untuk pribadi ataupun corporate: 

Cara Meningkatkan Ekspose Brand Bisnis

1. Pastikan Bahwa Produk/ Jasa kita Memang Dicari via Online 

Sebagai contoh, andai Anda memasarkan beras, mi instan, minyak goreng, sabun, dan produk-produk consumer goods lainnya secara online, bisa jadi besar kita tidak bakal sukses. Mengapa? Karena customer behavior-nya belum hingga ke arah sana. Bagi mendapatkan dagangan tersebut anda tidak mencarinya via internet. Kita langsung pergi ke supermarket atau pasar terdekat. Lain ceritanya bila (misal) Anda memasarkan produk-produk fashion dan asesoris, sebab jenis produk itu memang tidak sedikit dicari via internet. 

2. Lakukan SEO Agar Website Toko Online kita Muncul di Page 1 Google 

Untuk menyebabkan calon pembeli potensial ke toko online Anda, maka SEO (Search Engine Optimization) paling vital. SEO ialah cara supaya website Anda dapat muncul di halaman 1 Search Engine (seperti Google) saat ada yang menggali produk atau jasa Anda. 

3. Buat Tampilan Toko Online yang Easy-to-Use dan Informative 

Setelah sukses mendatangkan pengunjung web ke toko online Anda, pastikan mereka tidak “ilfil” terhadap situs Anda. Dan yang lebih penting, bikin tampilan situs yang dapat menjual. Untuk toko online, pastikan situs Anda mempunyai tampilan yang gampang dipahami, tidak ribet, dan clear. Pastikan pengunjung web mudah mengerjakan navigasi ketika berkeinginan mencari produk tertentu sehingga membuat shopping experience yang positif. Tampilkan pun informasi-informasi urgen yang memang diperlukan oleh visitor, laksana harga, pemaparan produk, dan nomor telepon yang gampang dihubungi, alamat email, Chat Messengger, dan sebagainya. 

4. Promosi di Forum, Online Direktori, Iklan Baris, Social Media, dan lain-lain. 

Namanya jualan, pasti perlu yang namanya promosi. Nah, di internet pun tersedia sejumlah channel promosi yang dapat Anda manfaatkan. Berita baiknya lagi, mayoritas diantaranya cuma-cuma dan low-budget, namun efektif. Berikut ialah tiga jenis situs yang high traffic dimana Anda dapat mempromosikan produk atau toko online Anda: Forum (melalui thread jual beli) Iklan baris Social media laksana Facebook dan Twitter 

5. Jangan Lupakan Aturan Dasar dalam Marketing dan Bisnis 

Aturan berbisnis di dunia online tidak jauh bertolak belakang dengan berbisnis di dunia offline. Jangan lupakan hal-hal basic seperti meluangkan produk yang berkualitas, diferensiasi produk, layanan yang ramah dan responsif, delivery produk yang cepat, jujur dan dapat dipercaya, dan sebagainya. Karena, sehebat apapun strategi promosi dan marketing Anda, semua tersebut akan percuma bila Anda melupakan hal-hal basic tersebut. 

Selamat berusaha !

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon