5 Tips untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

Loyalitas Pelanggan - Setiap pemilik bisnis ingin memiliki pelanggan setia yang mencintai bisnis mereka. Tapi jika Anda menginginkan kesetiaan, Anda harus memberikannya. Berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dalam lima bidang utama ini dan pelanggan Anda akan menghargai Anda dengan bisnis dan dedikasinya yang berulang.

Tip berikut dapat diterapkan pada hampir semua profesi atau industri. Jika Anda berpikir bahwa ini terbukti dengan sendirinya, maka saya menantang Anda untuk mengambil penilaian pribadi. Cetak halaman ini dan simpan daftar di mejamu selama satu minggu. Tempatkan tanda centang di samping setiap item saat Anda melakukan aktivitas yang memenuhi salah satu dari tujuan ini. Dapatkah Anda memeriksa semua item ini dalam satu minggu? Apakah Anda secara aktif mempraktikkan komitmen yang Anda inginkan dari pelanggan Anda?

5 Tips untuk Membangun Loyalitas Pelanggan


Jika Anda menginginkan kesetiaan, Anda harus memberikannya. Buatlah daftar pelanggan atau klien Anda yang paling penting. Bagi pelanggan atau klien umum Anda, tunjukkan komitmen Anda secara umum dan terutama bila mereka membutuhkan Anda. Bagi pelanggan yang paling penting, tunjukkan komitmen Anda dan biarkan mereka tahu seberapa besar Anda menghargai mereka. Terkadang loyalitas membutuhkan pengorbanan.

1. Berkomunikasi

Membangun hubungan yang langgeng membutuhkan komunikasi. Komunikasi berarti mendengarkan pelanggan atau klien Anda, serta menyampaikan pesan Anda sendiri. Komunikasi satu sisi adalah sebuah pidato, komunikasi timbal balik adalah percakapan. Komunikasikan kapan keadaan berjalan dengan baik dan bila ada masalah. Ketika hal-hal berjalan seperti yang diharapkan, bawa ke perhatian mereka. Bila ada masalah, berikan ruang lingkup tantangan dan solusi Anda, sebaiknya sebelum pelanggan tahu masalahnya ada. Ini membangun kredibilitas, kepercayaan diri dan kepercayaan.

2. Pahami Sasaran Nasabah Anda

Produk atau layanan yang Anda berikan hanya bermakna dalam konteks tujuan pelanggan Anda. Apa yang Anda lakukan dimaksudkan untuk mencapai tujuan finansial atau strategis, atau memenuhi kebutuhan. Pahami dan komunikasikan nilai Anda dari perspektif pelanggan. Sadar akan perubahan yang mungkin mempengaruhi persyaratan pelanggan dan nilai yang Anda rasakan sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan tepat.

3. Konsisten

Salah satu cara terbaik untuk mengelola ekspektasi adalah konsisten. Konsisten dengan kualitas Anda, responsif dan pengiriman barang atau jasa Anda. Buat jadwal rutin untuk komunikasi dengan pelanggan Anda yang paling penting, sehingga Anda dapat memanggil "just to talk" dan memeriksa denyut nadi hubungan.

4. Membangun Kredibilitas

Ada dua cara mudah untuk membangun kredibilitas. Pertama, lakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan. Jika Anda meninggalkan pesan untuk menelepon balik atau membuat komitmen untuk ditindaklanjuti, maka teleponlah saat Anda mengatakan bahwa Anda akan menelepon. Bahkan jika Anda tidak memiliki semua jawaban, teleponlah saat Anda berkomitmen untuk menelepon balik. Cara kedua untuk membangun kredibilitas adalah dengan meluangkan waktu untuk mendapatkan jawaban terbaik. Terkadang Anda mungkin tidak tahu respon terbaik terhadap situasi atau permintaan. Mintalah waktu untuk meneliti dan kembali dengan jawaban atau informasi paling akurat yang bisa Anda dapatkan. Mengambil waktu untuk akurasi bisa jauh lebih bermanfaat bagi pelanggan Anda daripada jawaban yang cepat namun salah.

5. Kasih Surprise Terhadap Pelanggan

Beri pelanggan Anda sesuatu yang lebih dari yang diharapkan. Jangan beritahu mereka terlebih dahulu, lakukan saja untuk menunjukkan penghargaan Anda. Bisa sesederhana kartu ucapan, email atau token kecil untuk menunjukkan apresiasi Anda. Kesetiaan adalah sebuah hubungan, dan itu harus dipupuk karena Anda akan merawat seorang teman. Jangan menganggapnya biasa.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon