7 Ide Bisnis Rumahan Untuk Pecinta Makanan

Ide Bisnis Rumahan - Siapa yang tidak suka makan? Jika Anda senang memasak dan menyenangi atau memiliki passion di bidang makanan lainnya, maka Anda bisa memulai usaha rumahan berbasis makanan yang lagi trend saat ini. Usaha berbasis makanan atau pangan cocok untuk Anda jalankan dan Anda bisa jadikan suatu ide usaha yang inovatif dan kreatif.

Untuk menjual makanan segar, mungkin ada beberapa point tambahan yang perlu Anda ketahui dalam memulai usaha rumahan yang menjanjikan. Sebagian besar dari berbagai pemerintahan kota lewat dinas kesehatan memiliki aturan tersendiri dalam mengatur industri bisnis makanan rumahan atau catering atau usaha makanan lainnya.

Yang pasti Anda harus memisahakan peralatan dan bahan memasak pribadi Anda dari bisnis makanan Anda. Untuk keberlanjutan usaha biasanya Anda memerlukan PIRT (perijinan industri rumah tangga) dari BPOM. Kepanjangan PIRT adalah Produk Industri Rumah Tangga. PIRT ini diterbitkan oleh BPOM (Badan pengawasan Obat dan Makanan). PIRT adalah sertifikat izin produksi pangan yang dibuat dalam skala industri rumah tangga

ide bisnis rumahan


Tetapi Anda tidak perlu merasa terbebani dengan berbagai aturan. karena anda bisa memulai bisnis pangan rumahan dari skala kecil terlebih dahulu. Setelah besar baru Anda mulai mengurus perizinan tersebut. 7 ide usaha di bawah ini melibatkan kegiatan memasak yang sudah menjadi hobi Anda selama ini. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan darinya apalagi jika Anda kreatif menghasilkan produk makanan yang lezat. Jadi ambil secangkir kopi dan snack untuk dicemil, dan simaklah ide bisnis makanan ini.

Usaha Rumahan Yang Lagi Trend

1. Membuat dan Menjual Makanan Kering (Panggang atau Oven)

Banyak orang menyukai makanan yang dipanggang atau dioven. Mereka suka muffin, roti bakar atau donat untuk sarapan. Sarapan roti bakar dengan isi jam atau mentega dan mesis adalah makanan praktis yang yang biasa dibawa untuk bekal siswa sekolah.

Cookies sebagai cemilan di kantor, roti atau biskuit teman minum teh di rumah, kue kering untuk pencuci mulut teman diskusi adalah Contoh pangan kering yang bisa Anda produksi. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hobi mengolah makanan kering di rumah. Anda bisa membuat cookies sendiri kemudian dikemas dan dijual lewat jaringan pertemanan Anda.

Pertama Anda harus memilih jenis makanan kering apa yang akan menjadi spesialisasi Anda. Seperti kue tradisional (kue satu, kue semprong) atau kue modern (kukis, penganan lebaran) dan banyak lainnya lagi. Kalau Anda mau lebih spesial lagi Anda bisa mengambil kekhususan makanan yang bebas gluten (unutuk anak autis) atau makanan khusus lainnya termasuk bebas gula (kukis untuk program diet).

Kedua Anda harus membuat kemasan yang aman untuk makanan di dalamnya dan menarik perhatian calon konsumen. Pastikan Anda memberikan tanggal kadaluarsa agar kue produksi anda mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan tentunya aman dimakan.

Ketiga Anda pasarkan produk Anda. Menjual produk kukis atau penganan kering ini bisa Anda lakukan dengan jalan menitipkan barang melalui toko tetangga, kantin sekolah, kafe atau toko di pasar atau toko khusus oleh-oleh. Anda bisa juga menjualnya langsung ke konsumen melalui toko kue online, berjualan langsung saat arisan atau pertemuan dengan teman2 atau mengikuti pameran dan bazaar.
Apakah Anda memiliki kemampuan membuat makanan atau pangan olahan khas dan disukai oleh teman atau saudara? Mungkin Anda pandai membuat selai atau manisan? Apakah Anda jago memanggang/roasting biji kopi yang pas? Bisakah Anda membuat coklat dan permen lainnya?

Jika Anda jago membuat pangan olahan yang spesial dan disukai oleh banyak orang maka ubahlah keahlian ini menjadi pendapatan. Mirip dengan makanan yang kue kering di point nomor 1. Pangan yang paling spesial biasanya diminati. Makanan atau pangan yang mereka buat bisa menjadi menjadi buah tangan, oleh-oleh atau cenderamata yang khas dari suatu daerah. 


3. Katering

Apakah Anda menyukai memasak skala besar berbagai jenis makanan untuk suatu acara besar? Usaha katering bisa menjadi sebuah keahlian yang tidak semua hobiis memasak bisa lakukan.  Akan tetapi banyak usaha katering pada saat memulai usahanya menggarap proyek kecil. Seperti menyediakan katering untuk teman sekolah anaknya. Atau menggarap permintaan katering makan siang teman-teman kantor suaminya.

Anda bisa juga  mempertimbangkan untuk mengkhususkan dalam penyediaan katering berdasarkan jenis acara atau jenis makanannya. Seperti spesialis aqiqah, katering makan siang, katering vegetarian katering mayo diet, katering khusus program penurunan berat badan dan lain-lain.

Oleh karena itu jangan memandang berat terlebih dahulu untuk usaha katering ini. mulailah dari permintaan yang kecil sambil belajar mengelola organisasi kateringnya. Pada saat menggarap permintaan katering yang besar seperti katering pesta pernikahan Anda akan memerlukan tambahan SDM pada hari H untuk memastikan semua barang disiapkan dan siap disajikan pada waktu yang sudah ditentukan.
Baca Juga  : Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Yang Kecil Sekali

4. Katering Skala Keluarga

Mungkin Anda hobi memasak tetapi tidak ingin memasak dalam skala yang besar untuk jamuan banyak orang seperti halnya katering pesta atau hajatan besar. Pilihan lainnya adalah menjadi koki keluarga. Keluarga yang super sibuk -suami isteri yang bekerja- seringkali tidak punya waktu dan keinginan untuk memasak karena sudag capek dengan aktifitas di kantor. Biasanya mereka akan membeli atau berlangganan katering rumahan untuk membuat makanan yang sehat dan seimbang untuk keluarga mereka.

Banyak katering keluarga yang menyediakan paket menu makanan dalam seminggu. Anda harus menyediakan variasi menu yang tidak membosankan. Anda harus menyediakan menu yang sehat dan seimbang. Tetapi Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengkhususkan pada menu andalan tertentu. Misalnya, Anda bisa memasak untuk keluarga dengan kebutuhan low karbo atau menyediakan menu ketofastosis. FYI  masih jarang katering yang khusus menyediakan menu ketofastosis

5. Instruktur Memasak

Banyak orang berharap mereka memiliki keterampilan di dapur dan bersedia membayar latihan memasak. Seperti pekerjaan kuliner lainnya, instruktur memasak bisa fokus pada masakan tertentu, seperti masakan western, tradisional, jepang atau menjadi lainnya.

Anda juga dapat membuat turorial instruksi memasak berupa rekaman video di rumah Anda atau panduan memasak dalam bentuk tulisan. Anda dapat menjual tutorial video tersebut sebagai bentuk kursus belajar di rumah. Pilihan lainnya adalah membuat acara memasak sendiri yang diposkan di YouTube, yang bisa memberi Anda penghasilan iklan.

6. Pelatih Nutrisi

Saat ini banyak orang menjadi semakin peduli dengan kesehatan mereka. Salah satu bentuknya adalah mulai memperhatikan menu makanan yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan mereka. Pelatih nutrisi membantu kliennya dalam merancang menu harian berupa makanan dan minuman. Dalam rangka  membantu klien memenuhi tujuan kesehatannya. Beberapa klien mungkin memiliki masalah spesifik seperti mempunyai penyakit diabetes atau kolesterol tinggi atau asam urat. Lain mungkin ingin mengikuti jenis diet tertentu, seperti vegan atau bebas gluten.

Anda sebaiknya dan memang perlu menjadi ahli diet atau ahli gizi untuk menjadi pelatih nutrisi ini. Karena ini bisa menambah kredibilitas Anda dan memungkinkan untuk mendapatkan fee konsultasi lebih banyak. Anda bisa mendapatkan gelar sebagai ahli gizi dengan berlatar belakang sarjana gizi pada fakultas kesehatan masyarakat atau perguruan tinggi yang menyelenggarkan jurusan gizi.

7. Blogger Makanan (Food Blogger)

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk mulai menghasilkan uang dari passion Anda terhadap makanan adalah melalui blog makanan seperti blognya Dapur Ocha. Anda dapat membagikan resep Anda melalui teks atau video, dan mengeposkannya di blog Anda, membagikannya di Pinterest dan fanpage facebook dan membuat channel youtube..

Baca Juga  : Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Yang Kecil Sekali
Tidak seperti bisnis makanan lain yang berada di bawah peraturan khusus, blog makanan tidak memiliki aturan makanan khusus karena Anda tidak menjual makanan. Sebagai gantinya, Anda bisa memperoleh penghasilan melalui berbagai pilihan lain seperti pemasaran afiliasi, periklanan, atau membuat produk sendiri seperti buku masak.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon