7 Strategi yang Meningkatkan Negosiasi Sukses

Ingin meningkatkan kemampuan cara negosiasi Anda dan belajar bagaimana memulai dari posisi menang? Inilah tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai negosiasi. Jika Anda ingin memulai negosiasi dalam posisi menang, maka Anda perlu mempersiapkannya seperti harimau. Itu berarti Anda harus memperhatikan 7 ciri ciri negosia area penting.

7 Strategi yang Meningkatkan Negosiasi Sukses


1. Periksa apakah Anda dalam Situasi Negosiasi.

Situasi negosiasi ada saat Anda berada dalam situasi komunikasi atau pemecahan masalah dengan orang lain yang dapat memanfaatkan keuntungan Anda. Jika tidak ada keuntungan bagi Anda, maka jangan bernegosiasi; Anda hanya akan kalah.

2. Mengklarifikasi Tujuan Negosiasi Anda.

Tujuan utama Anda dalam negosiasi adalah untuk mencapai tujuan yang telah Anda dan konstituen Anda tetapkan. Ada tujuan lain, seperti mendapatkan kesepakatan yang bagus dan memperbaiki hubungan Anda dengan pihak lain. Tapi mendapatkan apa yang Anda inginkan adalah puncak. Selalu jaga agar tujuan ini tetap teguh dalam pandangan Anda dan jangan berhenti sampai Anda mendapatkannya.

3. Kumpulkan Informasi.

Begitu Anda tahu bahwa Anda berada dalam situasi negosiasi, Anda perlu mengumpulkan informasi tentang tawaran pihak lain dan menggunakannya untuk memperbaiki keinginan Anda sendiri. Banyak negosiasi datang tanpa henti hanya karena satu sisi atau yang lain tidak mendengarkan, atau memeriksa, atau meluangkan waktu untuk mengklarifikasi dengan tepat apa yang ditawarkan pihak lain, atau memang yang mereka tawarkan sendiri. Ini berarti bahwa selama negosiasi Anda harus melakukan banyak mendengarkan, mengklarifikasi dan memeriksa. Dan bila tiba saatnya menyerahkan kasus Anda, Anda harus menggunakan setiap keterampilan yang dapat Anda kumpulkan untuk memastikan mereka mengerti.

4. Negosiasikan Dengan Sisi Anda Sendiri.

Sangat jarang untuk melakukan negosiasi hanya mewakili diri sendiri. Biasanya Anda bernegosiasi sebagai wakil orang lain, konstituen Anda. Bagian dari persiapan Anda untuk negosiasi harus dihabiskan untuk mendapatkan mandat terbaik dari konstituen Anda. Bertujuan untuk mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan; kepercayaan yang Anda butuhkan; sumber daya yang Anda butuhkan; pemahaman yang Anda butuhkan; dan kebebasan yang Anda butuhkan.

5. Dapatkan BATNA.

BATNA adalah Alternatif Terbaik Anda untuk Perjanjian Negosiasi dan merupakan satu-satunya cara untuk berhasil dalam negosiasi. Dengan mempersiapkan negosiasi dengan satu pihak dengan membicarakan kesepakatan alternatif dengan pihak lain, Anda mendapatkan kekuatan yang bisa berjalan. Artinya, meski alternatifnya tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda tetap siap pergi ke sana, jika perlu.

6. Siapkan Setting.

Ada lima pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri saat menyiapkan setting untuk negosiasi. Mereka adalah: Siapa? (yaitu siapa yang mengambil bagian dan melakukan apa?); Dimana? (yaitu tempat kami atau milik mereka?); Kapan? (yaitu berapa skala waktu?); Mengapa? (yaitu apa yang kita negosiasikan?); dan bagaimana? (bagaimana kami menyajikan kasus kami?).

7. Siapkan Diri Sendiri secara mental.

Sikap yang benar terhadap negosiasi adalah perbedaan utama antara negosiator yang sukses dan yang tidak berhasil. Masuk ke dalam kerangka berpikir yang benar sebelum Anda memulai harus menjadi bagian dari rencana persiapan Anda.
  • bertujuan untuk menjadi tangguh, seperti bisnis, waspada dan pantang menyerah
  • jangan merasa Anda berutang sesuatu - jangan menjadi mangkuk pengemis
  • jangan menempatkan diri di atas atau di bawah mereka
  • Tetap santai dan tidak tergesa-gesa
  • Jangan mengungkapkan perasaan Anda pada titik apapun.

Tidak ada jaminan bahwa persiapan yang baik akan membawa kesuksesan dalam negosiasi. Tapi kemungkinan persiapan yang buruk itu akan menyebabkan kegagalan. Jangan mengambil risiko itu. Tarik semua berhenti untuk memulai dan Anda tidak akan menyesalinya.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon