4 Bisnis Kerajinan Tangan Ngehits Dari Barang Bekas yang Menjanjikan

Kerajinan tangan dari barang bekas
Meja Dari Ban Bekas via whiletheysnooze.com

Bisnis Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas yang Menjanjikan – Barang bekas tidak hanya berakhir di tukang loak saja. Jika Anda memiliki ide yang kreatif serta jeli dalam melihat potensi pasar, usaha bisnis kerajinan tangan dari barang bekas bisa Anda jalankan. 

Jenis bisnis satu ini memiliki sejumlah potensi yang tidak dimiliki jenis usaha lainnya. Pasalnya industri kerajinan tangan dari barang bekas merupakan jenis usaha yang bergerak di bidang kreatif yang bisa memiliki nilai tambah yang sangat besar dan harganya yang subyektif (tidak memiliki standar yang kaku). Oleh sebab itu usaha satu ini memiliki sifat yang cukup fleksibel.

Anda bisa menjalankan jenis bisnis ini sebagai pilihan untuk mendulang banyak penghasilan. Selain itu dari sisi lingkungan Anda akan turut menjaga kelestarian alam. Beberapa jenis barang bekas dari plastik, kertas, hingga besi dan karet terbilang susah diuraikan. kalau tidak dimanfaatkan akan menjadi sumber penyakit dan mencemari lingkungan.

Dengan menyulap barang bekas menjadi barang terbarukan lagi Anda akan meningkatkan nilai jual. Barang seni dari barang bekas yang tadinya memiliki harga jual rendah menjadi barang yang bernilai tinggi. Berikut beberapa ide bisnis kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa Anda coba. 

Berbagai Bisnis Kerajinan Tangan Barang Bekas

1. Kursi dan meja dari ban bekas

Siapa sangka ban bekas mobil hingga truk ini bisa Anda sulap menjadi kursi dan meja ruang tamu. Kerajinan tangan dari ban bekas ini bisa menjadi alternatif furniture yang murah dan tahan lama  karena kursi dan meja dari kayu memiliki harga yang cukup mahal. Anda bisa menjalin kerjasama dengan pengrajin yang sudah ada untuk Anda jualkan produknya. Anda bisa juga memproduksi jenis kerajinan tangan satu ini secara langsung dari workshop Anda sendiri.

2. Keset dan hiasan dinding dari kain perca

Kain perca kerap dibuang atau dijadikan sebagai isi bantal dan guling. Namun jika Anda bisa lebih kreatif, cobalah jahit kain perca tersebut mejadi keset dan hiasan dinding. Keset dari kain perca ini bisa menjadi produk yang mampu bersaing dengan keset biasa. 

Karena terbuat dari kain perca warna-warni tentu saja keset dari kain bekas ini memiliki memiliki keunggulan warna dan bentuk yang lebih menarik dibandingkan yang biasa. Asalkan Anda mampu mengkombinasikan warna dan jenis kainnya.

3. Vas bunga dari botol bekas

Botol plastik bekas yang banyak terserak di tempat sampah bisa Anda manfaatkan menjadi barang kerajinan yang bernilai tinggi. Cobalah sulap botol bekas tersebut menjadi vas bunga atau hiasan lampu yang menarik. Melukis diatas botol dengan gambar atau motif tertentu dapat menambah nilai seni. Selain itu Anda bisa mengubah fungsinya menjadi vas bungan dengan menambah tatakan penahan pada sisi bawah botol agar tidak mudah terguling.

Daur ulang botol bekas ini juga sangat membantu dalam menjaga ekosistem lingkungan. Pasalnya botol dari plastik dan kaca termasuk yang tidak bisa diuraikan secara alami. hanya bisa diuraikan dengan pabrikasi. 

4. Daur ulang kertas koran bekas

Banyak sekali jenis kerajinan tangan yang berasal dari kertas koran bekas. Mulai dari vas bunga, keset, hingga hiasan dinding. Setiap harinya media cetak memproduksi koran sehingga koran bekas menjadi barang yang melimpah jumlahnya. 

Manfaatkan koran bekas tersebut sebagai bahan baku untuk membuat aneka jenis kerajinan tangan. Dengan melinting koran menjadi puntiran2 seperti rotan dan dianyam kembali menjadi berbagai macam kerajinan. Lintingan koran tersebut dapat menjadi alternatif pengganti rotan yang saat ini mulai sulit didapatkan. Sehingga ada peribahasa pelesetan "tak ada rotan koran pun jadi". Cobalah cari referensi di buku atau internet untuk menuangkan ide anda.

Nah, itulah berbagai referensi usaha kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan menambah inspirasi anda.  

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon