7 Contoh Usaha Kecil-Kecilan Keuntungan Besar-Besaran

usaha kecil keuntungan besar
Warung Pntar, Startup Baru Warung Kelontong Rumahan

Animo masyarakat terhadap dunia usaha memang saat ini menjadi semakin tinggi, hal ini tentunya adalah suatu hal yang sangat positif karena akan mampu untuk mendorong laju perekonomian di Indonesia secara nasional. 

Selain itu dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggeluti dunia usaha juga akan bisa membantu menyediakan lapangan pekerjaan sehingga tentu saja akan bisa membantu mengatasi masalah pengangguran yang saat ini jumlahnya terus bertambah sehingga menyebabkan masalah yang serius.

Usaha kecil-kecilan adalah usaha yang bisa dibuat dengan modal yang tidak terlalu besar, dengan lingkup penjualan dan produksi yang tidak terlalu besar. Nah, tidak semua usaha kecil-kecilan memberikan pemasukan yang kecil. 

Ada banyak sekali peluang usaha kecil-kecilan yang bisa memberikan keuntungan yang besar bagi Anda. Jika Anda jeli, kondisi atau fenomena yang terjadi di sekitar Anda sekalipun bisa menjadi usaha kecil-kecilan. Anda bisa membuat usaha kecil-kecilan yang bisa menjadi solusi untuk kondisi yang sedang terjadi. 

Meskipun ada banyak orang memiliki semangat yang tinggi untuk bisa memulai sebuah usaha, namun tidak semua masyarakat memiliki modal yang cukup besar untuk bisa merealisasikan niatnya untuk memulai usaha. 

Namun bagi Anda yang memiliki budget terbatas untuk memulai usaha, Anda tidak perlu khawatir pasalnya saat ini Anda bisa menemukan ada sangat banyak peluang usaha dengan modal yang kecil. Bahkan saat ini Anda sudah bisa memulai usaha dengan modal di bawah 10 juta, apabila Anda penasaran maka simaklah ulasan selengkapnya di bawah ini.

Jangan Remehkan Usaha Kecil! Semua Usaha Besar dimulai Dari Sini!

Usaha kecil-kecilan pun bisa memberikan keuntungan yang besar bahkan berpotensi menjadi bisnis besar jika Anda pAndai memanfaatkan peluang. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha kecil-kecilan dengan keuntungan yang besar. 

1. Berjualan Masker Motor

Seperti yang bisa Anda lihat bahwa sekarang ini jumlah pemilik kendaraan bermotor terutama roda dua semakin meningkat yang mana tentu saja hal ini akan memunculkan peluang bisnis yang baru. Anda bisa berjualan masker motor yang mana sangat dibutuhkan oleh para pengendara sepeda motor untuk melindungi diri mereka dari polusi yang bisa membahayakan kesehatan.

2. Jasa Laundry

Usaha jasa laundry merupakan salah satu jenis usaha yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat, hal ini tentu saja dikarenakan usaha laundry memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Akan lebih baik apabila Anda memilih lokasi usaha laundry ini di daerah perkotaan yang padat penduduk sehingga hal ini tentu saja akan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

3. Usaha Katering

Usaha katering juga bisa Anda pilih karena jenis usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, selain itu usaha katering juga dibutuhkan oleh banyak pihak seperti misalnya sekolah ataupun kantor. Usaha katering ini sangatlah sesuai untuk dilakukan oleh Anda yang hobi memasak, selain itu Anda juga harus aktif untuk melakukan promosi agar usaha Anda dikenal.

4. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga termasuk dalam salah satu usaha kecil-kecilan yang memiliki penghasilan menjanjikan. Selain karena hanya membutuhkan komputer dan skill dalam mendesain, jasa ini juga dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga kemungkinan besar pasti laku. Baik perusahaan besar,  kecil, instansi pemerintahan, lembaga-lembaga, maupun perusahaan yang baru akan dibangun sekalipun membutuhkan jasa ini. 

Apabila Anda memiliki keahlian dalam mengoperasikan beberapa program pengolah grafis seperti misalnya Corel Draw dan Photoshop, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian yang Anda miliki dengan membuka usaha jasa desain grafis. Usaha jasa desain grafis ini juga bisa Anda mulai dengan modal di bawah 10 juta karena Anda hanya membutuhkan sebuah komputer atau laptop.

Ada banyak produk yang dihasilkan oleh para desainer, seperti banner event, kartunama, logo perusahaan, maupun souvenir lainnya. Bayarannya pun tidak main-main. Untuk sekali desain, desainer bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah. Bagaimana? Cukup menjanjikan bukan?

5. Warung Makanan

Usaha di bidang kuliner merupakan usaha dengan prospek yang sangat menjanjkan karena usaha ini tidak akan lekang ditelan waktu, Anda bisa membuka usaha warung makan di lokasi yang strategis seperti misalnya di pinggir jalan atau di dekat pusat keramaian sehingga peluang Anda menjadi lebih besar, Anda harus memperhatikan rasa dan juga kebersihan dari makanan yang Anda jual.

Mendirikan warung jajanan adalah salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang bisa memberikan keuntungan besar bagi Anda. Karena jajanan banyak dipilih sebagai pengganti makan siang maupun pengganjal perut saat lapar. 

Ada berbagai macam jajanan yang bisa Anda jual. Seperti bakso, rujak, tahu lontong, gado-gado, jajanan yang berupa kue basah, atau jenis kue kering yang mengenyangkan, maupun gorengan. Usaha seperti ini bisa mendatangkan keuntungan besar-besaran bagi Anda sekalipun modal yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak. 

Usaha seperti ini akan laku setiap hari sehingga akan memberikan pemasukan harian bagi Anda. Apalagi jika warung jajanan Anda berbeda dengan warung jajanan yang lain. Mungkin dari segi kemasan, citarasa, interior tempat makan, maupun cara penjualan.

6. Usaha Makanan Sarapan

Usaha makanan sarapan tentu akan menguntungkan bagi Anda maupun pelanggan Anda. Para pekerja kantor maupun pabrik yang tidak sempat sarapan akan terbantu dengan keberadaan warung/ tempat makan yang Anda buat. Anda bisa menjual makanan sarapan sekalian dengan makanan atau minuman pendamping lainnya. 

Beberapa contoh usaha makanan sarapan yang bisa Anda buat adalah usaha soto, nasi pecel, nasi campur, dan lain-lain sekalian dengan kerupuk, gorengan, kopi, teh, dan susu , serta berbagai jenis makanan dan minuman lainnya. Anda bisa membuka usaha ini dengan membuat warung sederhana di rumah Anda maupun berdagang keliling menggunakan gerobak atau sepeda. 

Tentu saja hal ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar meskipun modal yang Anda keluarkan tidak seberapa. Oleh karena itu usaha ini termasuk dalam contoh usaha kecil-kecilan

7. Usaha toko kelontong

Toko kelontong atau yang disebut juga toko peracangan adalah toko yang menjual keperluan sehari-hari seperti bumbu dapur, sembako, sayur-sayuran, lauk mentah, dan lain-lain. Toko kelontong bisa menjadi salah satu contoh usaha kecil-kecilan tapi memiliki keuntungan yang besar. 

Hal ini dikarenakan yang dijual di toko kelontong adalah bahan dan barang keperluan sehari-hsri, sehingga keberadaanya sangat diperlukan oleh masyarakat. Terutama yang tempat tinggalnya jauh dari pasar maupun swalayan atau minimarket.

Jenis usaha kecil-kecilan  yang Anda pilih pun menentukan banyaknya keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda ingin usaha yang bisa memberikan pemasukan harian, maka contoh usaha nomor 2, 3, 5, 6 dan 7 cocok untuk Anda. Namun jika Anda ingin usaha yang memberikan pemasukan yang besar meskipun tidak setiap hari ada orderan maka Anda bisa mencoba membuka usaha desain grafis. Sekian dulu info yang bisa saya share pada Anda semua. Semoga bermanfaat. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon