Strategi Jitu Menentukan Harga Produk Bisnis Yang Memikat Konsumen

strategi harga produk UKM
Strategi Harga

Strategi Jitu Menentukan Harga Produk Bisnis – Banyak pebisnis yang kesulitan dalam menentukan harga produk bisnisnya. Memang menentukan harga produk tidak boleh sembarangan. Pasalnya tingkat persaingan, daya beli, hingga minat konsumen sangat menentukan harga yang Anda tentukan.

Salah menentukan harga akan berdampak pada laju bisnis Anda. Jika harga terlampau tinggi padahal kualitasnya biasa saja maka dampaknya akan menarik sedikit minat konsumen dan perputaran keuangan pun menjadi tersendat.

Namun jika Anda mematok harga terlalu rendah maka Anda tidak akan mendapatkan laba. Bahkan hal tersebut bisa berakhir pada tidak adanya laba yang Anda peroleh. Oleh sebab itu Anda perlu tahu apa saja strategi dalam menentukan harga produk bisnis Anda. Baik itu berupa barang maupun jasa.

Mulai dari menentukan harga produk baru, harga yang mempengaruhi psikologis, hingga menentukan harga yang kompetitif. Berikut ulasan selengkapnya untuk strategi jitu dalam menentukan harga produk bisnis.

Strategi Jitu Menentukan Harga Produk Bisnis

1. Strategi menentukan harga produk baru

Dalam menentukan harga pada produk baru, Anda bisa mencoba dua teknik jitu yaitu Skimming price dan Penetration price. Skimming price ini merupakan penentuan harga awal dengan nilai tinggi ketika produk diluncurkan dan semakin lama akan menurun. Contohnya seperti produk elektronik. Sedangkan Penetration price merupakan strategi dimana Anda menentukan harga yang rendah untuk membangun loyalitas konsumen terhadap produk Anda.

2. Strategi menentukan harga yang mempengaruhi psikologis

Secara psikologis, harga juga sangat berpengaruh pada pikiran konsumen. Misalnya dengan cara Prestige Pricing dimana Anda akan membentuk image kualitas produk yang tinggi dengan menetapkan harga yang tinggi pula. sedangkan Odd Pricing merupakan strategi menentukan harga dengan nilai ganjil sehingga konsumen akan menilai produk yang Anda jual lebih murah. Harga berjenjang atau harga dengan potongan tertentu juga sangat ampuh untuk menentukan harga yang bisa mempengaruhi sisi psikologis ini.

3. Strategi potongan harga

Strategi satu ini merupakan sebuah langkah memberikan potongan harga demi meningkatkan penjualan barang atau jasa Anda. Anda bisa mencoba langkah Trade discount dimana potongan harga diberikan karena konsumen merupakan pelanggan tetap Anda. atau Anda bisa memberikan potongan harga jika ada yang membeli dalam jumlah besar. selain itu ada juga Cash discount yang berarti potongan harga karena konsumen membeli produk secara tunai.

4. Strategi menentukan harga kompetitif

Pada poin satu ini Anda bisa mencoba dua cara yang menarik. Yang pertama Anda bisa mencoba cara Relative Pricing yaitu menentukan harga dengan nilai atau tingkat yang sama dengan gerakan pesaing. Sedangkan untuk Follow The Leader Pricing adalah menetapkan harga produk dengan mengikuti harga pimpinan pasar. Teknik ini bisa menjadi solusi jika Anda bingung menentukan harga yang kompetitif.

Itu dia berbagai strategi jitu dalam menentukan harga produk bisnis Anda. semoga membantu dan selamat mencoba.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon